Tetap Memberi yang Terbaik

Standard

Pengarang James A. Michener telah mengukir namanya dalam dunia kesusastraan dengan melahirkan begitu banyak novel sejarah. Gaya Michener menampakkan kekuatan dan keindahannya melalui tokoh-tokoh dengan silsilah keturunan luas dan berakar kuat pada budaya. Ironisnya, Michener sendiri tidak mempunyai akte kelahiran. Ditinggalkan ketika masih bayi dan diangkat anak oleh keluarga Michener di mana kepala keluarganya seorang janda, James tidak pernah tahu siapa orangtua kandungnya. 

Dibakar iri hati, kelicikan dan kedengkian, seorang kerabatnya yang tidak mau menyingkapkan jati dirinya menyatakan dirinya sebagai “Michener sejati”. Bahkan setelah Michener memenangkan penghargaan Pulitzer di tahun 1948, penulis berpena racun itu menuntut Michener atas tuduhan merusak nama baik keluarga Michener dan menuduhnya sebagai penipu. 

Surat terakhir yang diterima James Michener dari kerabat yang tidak dikenalnya itu tiba pada tahun 1977, setelah Presiden Ford menganugerahkan Medali Kebebasan Kepresidenan untuk James. Surat pendek yang pedas dan menyakitkan itu berbunyi,

“Masih tetap memakai nama yang bukan milikmu? Masih tetap menjadi penipu? Masih tetap berusaha menjadi lebih baik dari dirimu yang sebenarnya?”

Michener memberi kesaksian bahwa kata-kata dalam surat pendek itu “sangat membekas di jiwa”. Tetapi Michener mengubah kekuatan negatif dari tuduhan itu menjadi sebuah tantangan hidup.

“Semua yang dituduhkannya itu memang benar,” akunya, “saya telah menghabiskan hidup saya dengan berusaha lebih baik dari diri saya yang sebenarnya, dan saya adalah saudara bagi siapa pun yang memiliki cita-cita yang sama.” (Ditulis dari berbagai sumber).

Apa pun yang kita perbuat, selalu akan ada orang-orang yang memberi kritiknya pada kita. Bagaimana pun juga, marilah kita tetap menjadi yang terbaik, menjadi lebih baik dari hari kemarin, dan tetap berbuat baik bagi sesama. Have a blessed weekend all. Big God bless you🙂 (ditulis dari berbagai sumber).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s