Kristus di Tengah Badai

Standard

Ayat Bacaan: Markus 4:35-41

Dalam usianya yang ke-27, Rembrandt menghasilkan karya lukisan pemandangan laut yang diberi judul “Kristus di Tengah Badai di Danau Galilea”, berdasarkan kisah dalam Injil Markus pasal 4. Dengan penggunaan perbedaan cahaya dan bayangan yang sangat tegas, lukisan Rembrandt menggambarkan sebuah perahu kecil yang terancam hancur di tengah badai yang sedang mengamuk kencang. Ketika para murid sedang berjuang melawan angin dan ombak, Yesus tidak terganggu sama sekali. 

Akan tetapi, aspek yang paling tidak biasa dari lukisan tersebut adalah kehadiran seorang murid ke-13 di dalam perahu tersebut, yang menurut para ahli seni menyerupai sosok Rembrandt sendiri. 

Injil Markus menggambarkan pelajaran gamblang yang diterima oleh para murid mengenai siapa diri Yesus dan apa yang bisa diperbuat-Nya. Sementara para murid dengan panik mencoba untuk menyelamatkan perahu yang akan tenggelam tersebut, Yesus justru tidur. Tidak pedulikah Dia bahwa mereka semua akan mati? (ayat 38). 

Setelah Yesus menenangkan badai itu (ayat 39), Dia mengajukan sebuah pertanyaan yang tajam, “Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?” (ayat 40). Para murid justru menjadi semakin takut, dan mereka berkata seorang kepada yang lain, “Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?” (ayat 41). 

Kita juga dapat menempatkan diri kita dalam kisah tersebut dan, sama seperti para murid, mengetahui bahwa kepada setiap orang yang percaya pada Yesus Kristus, Dia akan menyatakan kehadiran, belas kasihan, dan kendali-Nya atas setiap badai dalam hidup kita. –DCM

Tenanglah hatiku karena Allah setia, firman kudus-Nya murni, teruji, dan benar. Walaupun badai menerjang dan laut menggelora, janji-Nya bagaikan batu pijakan yang kuat.–NN

Allah adalah tempat perlindungan yang aman di tengah terjangan badai kehidupan. (Ditulis dari renungan “Santapan Rohani”..)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s