Ringkasan Khotbah: Shared Lives

Standard

Ayat Bacaan: 1 Petrus 4:1-2, 7-8, 10-11

Cara terbaik untuk membagikan kasih adalah dengan melayani sesama. 

Gift: Seorang murid sejati menggunakan karunia yang sudah diberikan Tuhan untuk menyatakan kemuliaan-Nya bagi sesama, dan akan bertumbuh dalam karunia yang sudah dipercayakan dalam hidupnya. Bertumbuh dalam karunia tetap membutuhkan sikap rendah hati, semua hanya karena kasih karunia dan pemberian dari Tuhan (Ulangan 8:18). 

Mengapa Tuhan memberi karunia-Nya pada kita? Hal itu dikarenakan bukan hanya untuk keuntungan kita, tetapi juga untuk keuntungan (dan juga dapat menjadi berkat) bagi hidup orang lain. Untuk melayani dan membuat hidup orang lain menjadi lebih baik. Itulah sebabnya Tuhan memberi karunia yang berbeda-beda pada setiap orang supaya dapat membangun Tubuh-Nya (1 Korintus 12:12, 13, 27). Kebenarannya adalah: Kita membutuhkan karunia dari sesama. Jangan menahan dan menyimpan karunia tersebut hanya untuk diri kita sendiri, karena karunia tersebut dapat dipakai untuk menyelamatkan dan membangun hidup orang lain. 

1 Korintus 12:8-10: Tuhan memberi karunia dalam perkataan dan karunia melayani sesama. Setiap kita memiliki karunia tersebut, dan tempat terbaik untuk menggunakan karunia tersebut di dalam gereja-Nya. Kita melayani sesama supaya pada akhirnya kita dapat melayani Tuhan melalui hidup kita. 

Letakkan karunia yang sudah dipercayakan dalam hidup kita berada di tangan Tuhan dan bertindaklah sesuatu, maka Tuhan yang nantinya akan mengurapi hidup kita untuk dapat menjadi berkat bagi orang lain. 

Orang Kristen yang paling buruk adalah orang Kristen yang puas bila ke sorga hanya sendirian. Jangan bersikap egois, layanilah sesama dengan menggunakan karunia-karunia yang sudah dipercayakan Tuhan dalam hidup kita, untuk mendatangkan kemuliaan bagi Dia dan membuat kehidupan banyak orang menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. (Dibagikan oleh Ps. Bodie Cruz, di Gereja MDC Ciputra World Surabaya, di Ibadah ke-2, Tgl. 2 Juli 2017). 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s