Penyakit Terburu-buru

Standard

“Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya…” (Filipi 3:12). 

“Cepat!” 

“Kita terlambat!” 

“Kamu terlalu lambat!” 

Seberapa sering ungkapan tidak sabar tiba-tiba muncul dalam percakapan kita, menunjukkan kehidupan kita yang serba tergesa-gesa? Bila tidak berhati-hati, kita bisa menjadi orang yang selalu cepat-cepat, yang menuntut segala hal hadir segera dan menuntut hasil seketika. Para ahli stres menamai hal ini “penyakit terburu-buru”. 

Pada surat Filipi 3, Rasul Paulus mengatakan bahwa pertumbuhan yang berlangsung di sepanjang hidup mengingatkan kita bahwa proses kedewasaan Kristiani dapat didorong, tetapi tidak bisa dipercepat. Dalam buku “Overcomers Through the Cross”, Paul Billheimer berkata bahwa seperti halnya Allah membutuhkan waktu untuk membuat pohon ek, Dia pun juga memerlukan waktu untuk membentuk orang suci. Pendewasaan Kristiani adalah proses di sepanjang hayat. 

Billheimer menulis, “Sebuah apel mentah tidak enak dimakan, tetapi kita tidak selayaknya menyalahkannya. Apel itu tidak enak dimakan karena Allah belum selesai membuatnya. Itu adalah sebuah tahapan dari proses dan hal itu baik adanya.” 

Apakah Anda merasa tidak sabar dengan perkembangan rohani Anda? Ingatlah, Allah belum selesai dengan Anda—namun Dia juga tidak mengharapkan Anda tetap belum dewasa secara rohani sampai Dia memanggil Anda pulang. Pastikan bahwa tujuan hidup Anda adalah memahami Kristus dan menjadi seperti Dia. Kemudian secara perlahan tetapi pasti, di bawah langit biru dan melalui badai, Dia akan membimbing Anda menuju kematangan rohani. Ini adalah cara-Nya menyembuhkan dengan pasti “penyakit terburu-buru” Anda. 

Tidak ada jalan pintas untuk mencapai kematangan rohani. 

Disadur dari sumber Renungan Harian..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s