Ringkasan Khotbah: Listening to His Voice

Standard

Setiap umat Tuhan diberi kesempatan untuk dapat mendengar suara-Nya, bukan hanya monopoli orang-orang tertentu saja. Kerinduan Tuhan untuk dapat berbicara kepada kita jauh lebih besar dari kerinduan kita untuk dapat mendengar suara-Nya. Ketika tirai Bait Allah terbelah menjadi dua saat kematian Tuhan Yesus di atas kayu salib, hal ini sebagai pertanda bahwa hubungan kita dengan Bapa di sorga telah dipulihkan. 

Waktu memiliki dua pengertian: Chronos, rutinitas waktu yang berjalan dalam kehidupan kita, sebuah kronologi. Kairos: Waktu-Nya Tuhan yang berjalan khusus dalam hidup kita, mengalami Pribadi-Nya di dalam hidup. 

Bagaimana mendengar suara Tuhan:
1. Ibrani 5:11 : Memiliki sikap dan keinginan untuk MAU mendengar. Mendengar dalam bahasa Inggris: to hear (mendengar biasa) & to listen (mendengar dengan saksama, penuh perhatian). 

2. Maleakhi 1:6 : Memiliki sikap untuk menghormati Tuhan. Kita mendengar suara Tuhan itu apakah seperti mendengar suara sesama atau kita menghormati-Nya dengan mendengar seperti suara seorang raja? 

3. Lukas 18:8; Ibrani 6:12 : Beriman dan Sabar. Mendengar suara Tuhan tidak bergantung pada perasaan kita yang diombang-ambingkan kekuatiran dan ketidakyakinan kita. Kita perlu belajar sabar dan tidak memaksa Dia untuk berbicara dan menjawab setiap permasalahan kita.

4. Kisah 24:16 : Menjaga hati nurani tetap murni dengan pertobatan (1 Yohanes 1:9) dan tetap hidup dalam ketaatan. 

5. Amsal 13:20 : Berada dalam komunitas yang baik. Perhatikan siapa teman-teman pergaulan kita karena hal itu akan menentukan bagaimana hidup kita (1 Korintus 15:33).

Bagaimana Tuhan berbicara?
1. Pewahyuan dari firman Tuhan. Kita harus belajar untuk membaca dan mencintai firman-Nya, karena Tuhan berbicara tidak akan pernah bertentangan dan melawan firman-Nya. Firman Tuhan ada dua: Logos (yang tertulis di dalam Alkitab) & Rhema (yang dihidupkan secara nyata dalam setiap aspek di hidup kita). 

2. Amsal 4:6 : Tuhan dapat berbicara melalui hikmat dan akal sehat. Melalui nilai-nilai moral dan kebaikan yang berlaku di kehidupan sekitar. Kita juga harus belajar untuk hidup bijaksana dalam menyikapi berbagai hal dalam kehidupan ini.  

3. Yoel 2:28 : Tuhan dapat berbicara melalui mimpi dan penglihatan. Setiap apa yang kita dapat juga harus di-cek terlebih dahulu, jangan digabung-gabungkan langsung. 

4. 1 Korintus 14:1,3 : Tuhan dapat berbicara melalui nubuatan. Nubuatan bukanlah hal yang terlalu “tinggi” dan menakutkan, tetapi nubuatan adalah sebuah karunia yang diberikan Tuhan untuk semua anak Tuhan agar dapat digunakan untuk menasihati, menghibur, dan membangun sesama. Kita dapat melakukannya dengan hal yang sederhana dan dengan suasana bersahabat. 

5. Roma 9:1 : Tuhan dapat berbicara melalui suara hati kita. Kalau hal itu dapat menghibur dan membangun orang lain, tidak ada salahnya untuk dibagikan. Tuhan juga dapat berbicara melalui perasaan damai di dalam hati, saat kita hendak memutuskan sesuatu dalam hidup ini. 

6. Hakim 14:3 : Tuhan dapat berbicara melalui nasihat orang lain dan otoritas yang ada. Simson jatuh karena hidupnya tidak mau disentuh dengan nasihat yang benar dari orangtua dan sesamanya. Sangat penting bagi kita untuk mendengar nasihat dari orangtua, Tuhan juga dapat berbicara melalui otoritas. 

7. Amsal 22:3 : Tuhan dapat berbicara melalui lingkungan dan keadaan yang terjadi di sekitar kita. 

Ke manapun kita pergi, kita dapat membagikan nasihat yang menghibur dan membangun sesama. Mengubah hal yang Chronos menjadi hal Kairos dan memberkati hidup sesama.

Ditulis dari khotbah Ps. Andreas Rahardjo di Ibadah MDC Surabaya, Tgl. 29 Oktober 2017..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s