Daniel Masa Kini

Standard

“Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya..” (Daniel 1:8).

Tokoh Alkitab seperti Daniel memberi kekuatan dan memperlihatkan bagaimana seharusnya kita hidup. Kita masih tetap membutuhkan “Daniel-Daniel” masa kini—pria maupun wanita yang memiliki keyakinan teguh dan keberanian untuk mempertahankan keyakinannya meski dalam situasi terancam penderitaan atau kehancuran.

Ayah saya, Dr. M.R. De Haan adalah orang yang seperti itu. Memang ia tidak sempurna. Ia manusia biasa yang juga memiliki kelemahan. Beberapa rekan bahkan menganggapnya keras kepala. Tetapi ia memiliki karakter tokoh Alkitab itu. Ia berkeyakinan teguh dan berani mempertahankan keyakinannya.

Peristiwa itu sudah terjadi 30 tahun yang lalu, pada tanggal 13 Desember 1965, ketika ayah pulang ke rumah dengan tekad terus bersama Tuhan. Bahkan kata-kata yang diucapkan kepada saya masih jelas terngiang-ngiang di telinga, seakan-akan hal itu baru terjadi kemarin. Sambil mengepalkan tinjunya ke atas meja, ayah berkata dengan tegas,

“Richard, saya tak peduli meski seluruh dunia ini menentang. Saya harus melakukan apa yang benar. Saya harus bertindak sesuai dengan keyakinan saya!”

Tentu saja kita juga harus mawas diri apakah keyakinan kita sudah terpancang pada dasar yang benar. Setelah merasa pasti, kita harus seperti Daniel, yang tidak hanya punya keyakinan tetapi juga punya keteguhan untuk mempertahankan keyakinannya.

Hari ini, bila kita tergoda untuk mengkompromikan prinsip-prinsip hidup, jangan menyerah! Beranilah seperti Daniel! Tuhan menyediakan keteguhan di dalam keyakinan kita.. (disadur dari sumber Renungan Harian Online)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s