Ringkasan Khotbah: Iman yang Tidak Mudah Patah

Standard

Ayat Bacaan: Markus 7:24-30

Ada banyak hal yang dapat dilakukan di dalam hidup ini, salah satunya adalah dengan membangun iman yang teguh. Tidak ada seorangpun yang merancang dan menginginkan di dalam goal setting hidupnya ada kegagalan ataupun sakit penyakit, tetapi terkadang hal itu bisa terjadi. Itulah sebabnya kita perlu membangun iman yang kokoh, iman yang tidak mudah patah.

Matius 15:22 : Perempuan ini bukan dari bangsa Yahudi, tetapi banyak mendengar tentang Yesus sebagai Mesias. Segala hal bisa terjadi di dunia ini, itulah sebabnya kita perlu membangun iman yang kuat di dalam Tuhan supaya tidak goyah. Kita belajar dari perempuan Kanaan ini, dia mengenal pribadi Yesus dengan tepat, yakni Anak Daud, Mesias yang dijanjikan.

Selama kita mengikut Tuhan, apakah kita mengenal pribadi-Nya dengan benar? Ketiadaan jawaban doa tidak pernah membatalkan pribadi-Nya sebagai Tuhan. Umat yang mengenal Tuhan akan tetap kuat dan bertindak. Kalau kita tidak mengenal-Nya dengan baik, kita akan menjadi mudah kecewa.

Matius 7:27 : Iman perlu diuji. Kalau dasar hidup kita adalah firman Tuhan, maka kita akan memiliki iman yang tetap percaya dan berfokus hanya kepada Tuhan Yesus. Banyak peristiwa yang terjadi dalam hidup bisa tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, tetapi kita harus tetap taat dan memiliki iman yang teguh kepada-Nya.

Kalau kita memiliki masalah, tetaplah mempercayai Tuhan dan berfokus hanya kepada-Nya, jangan pada masalah. Itulah sebabnya kita perlu menguatkan diri, bisa dengan kembali membaca Alkitab, terus memperkatakan firman dalam kehidupan kita, ataupun dengan berbahasa roh.

Matius 15:25-26 : Perempuan Kanaan ini memberi contoh supaya kita memiliki unbreakable faith, iman yang tidak mudah patah. Dalam Injil Lukas kita diajar untuk tetap meminta dan mengetuk pintu, Bapa akan memberikan yang terbaik bagi hidup kita, sesuai dengan waktu-Nya yang terbaik. Terkadang kita diijinkan berada di bawah tekanan hanya untuk menunjukkan bahwa kita bukanlah orang-orang yang mudah menyerah dan tetap memegang teguh firman-Nya.

Markus 7:29 : Oleh karena ucapan perkataan kita, iman kita yang tetap kokoh dan memegang teguh janji-janji Tuhan di dalam firman-Nya, kita dapat melihat pertolongan-Nya yang ajaib di dalam hidup kita.

Ditulis dari khotbah Ibu Pdt. Lidya CSES di Ibadah MDC jam 8 pagi..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s